Desa Doplang – Kekosongan perangkat desa untuk SEKDES dan Kaur Umum & Perencanaan di Desa doplang sudah berjalan dari tahun 2005 sampai tahun 2017. Berdasarkan data kekosongan Perangkat Desa yang dimaksud, Desa Doplang merencanakan akan melaksanakan pengangkatan perangkat Desa dengan seleksi dengan tahapan sesuai dengan tahapan yang telah diatur dan ditentukan dalam Surat Bupati Semarang Nomor:141/007270 tanggal 16 Desember 2016 perihal tahapan Seleksi calon Perangkat Desa Serentak tahun 2017 yang di selenggarakan dari pusat.
Berdasarkan seleksi perangkat desa yang diadakan dari bulan Februari sampai Maret 2017 untuk syarat pertama kelulusan calon perangkat desa adalah seleksi Kelengkapan Persyaratan Administrasi Berkas Permohonan Bakal Calon Perangkat Desa sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Nomor: 03/BA/Tim Sel/ 2017. Dari hasil penelitian panitia dari kelengkapan persyaratan administrasi terhadap berkas permohonan Bakal Calon Perangkat Desa yang memenuhi persyaratan calon Sekretaris Desa sebanyak tiga puluh tujuh ( 37 ) orang dan Kaur Umum dan Perencanaan sebanyak enam ( 6 ) orang, sehingga dinyatakan memenuhi syarat untuk dilanjutkan mengikuti seleksi Perangkat Desa yang dilaksanakan oleh pihak ke tiga.
Tindak lanjut laporan dari Tim Seleksi Calon Perangkat Desa Doplang Nomor 4/Tim Sel /V/2017 Tentang Laporan hasil tes Seleksi Calon Perangkat Desa yang di laksanakan Pihak ketiga yaitu lembaga Perguruan Tinggi ( Unnes ) pada hari Senin Tanggal 01 Mei 2017, telah diperoleh nilai tertinggi yang kemudian direkomendasikan kedesa. Hasil seleksi perangkat nilai tertinggi untuk SEKDES di peroleh oleh Bpk. Sukirno dan untuk Kaur Umum & Perencanaan Sdr. Fauzia Khasnawati, yang kemudian di laporkan ke desa untuk ditindak lanjuti.
Tindak lanjut untuk penerimaan Perangkat Desa Doplang tahun 2017 dilakukan pelantikan Sekretaris Desa dan Kaur Umum & Perencanaan Desa Doplang yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 12 Mei 2017. Pada acara ini turut mengundang semua perangkat desa, lembaga desa dan keluarga calon perangkat desa.